Snorkeling dan Diving di Surganya Papua Raja Ampat

superadventure.id5_.jpeg

Siapa yang tidak mengenal Raja Ampat dengan sejuta pesona alam nya yang mengagumkan? Tak heran dong jika Raja Ampat dinobatkan sebagai destinasi selam (diving) terbaik di dunia. Hal ini dikarenakan Raja Ampat berada di kawasan Coral Triangle atau kawasan dengan tingkat keanekaragaman hayati laut tertinggi di dunia. Oleh karena itu, Raja Ampat menjadi surga bagi para penyelam untuk menikmati bawah lautnya. Musim terbaik untuk mengunjungi Raja Ampat adalah bulan Oktober hingga Mei setiap tahunnya.

superadventure.id2_.jpeg

Saat berkunjung ke Raja Ampat, saya menetap di Pulau Arborek untuk beberapa waktu. Sejak pertama kali menginjakkan kaki di dermaga / jetty Pulau Arborek, saya sudah terpukau dengan beragam ikan hias yang tak terhitung jumlahnya. Mungkin buat para penyelam, ikan hias ini sudah biasa saja dipandang mata. Namun, buat saya hal ini adalah sesuatu yang baru. Melihat itu, saya tidak sabar untuk berenang melihat ikan-ikan lebih dekat. Langsung saya menyiapkan snorkel set dan segera menyeburkan diri ke dalam laut biru yang jernih itu. Hampir setiap hari saya pergi berenang ke laut. Seakan-akan tak pernah bosan. Ya gimana mau bosan bro kalau pemandangannya kayak foto-foto di bawah ini.

superadventure.id3_.jpegRaja Ampat sendiri terdiri dari gugusan pulau bro. Tidak hanya Arborek, tetapi masih banyak titik penyelaman dan salah satunya di Sawondarek. Di sanalah saya mencoba diving untuk pertama kalinya. Karena saya belum memiliki diving license, maka saya hanya diperbolehkan untuk melakukan discovery dive.

superadventure.id4_.jpeg

Seperti apa ya rasanya berada di bawah sana bernafas dengan bantuan tabung? Apa yang akan terjadi nanti? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam benak saya sebelum Bang Marcel Mambrasar, seorang dive master, mengajari saya menyelam. Ini adalah pengalaman pertama kalinya menyelam. Antusias dan rasa gugup bercampur menjadi satu. Setiap orang pasti pernah mengalaminya bukan? Sebuah tarikan nafas panjang membuat pikiran saya menjadi lebih tenang waktu itu dan meyakinkan diri bahwa saya pasti bisa melakukannya.

Sebelum memulai penyelaman, Bang Marcel menjelaskan teori dasar menyelam, seperti fungsi dari setiap peralatan menyelam dan kode-kode dalam penyelaman. Ketika tiba saatnya untuk menyelam ke dalam laut, saya mengikuti semua yang Bang Marcell perintahkan. Untuk pertama kalinya saya dapat merasakan sensasi melayang-layang di dalam air. Kemana saja saya selama ini? Harusnya saya sudah melakukan ini sejak lama, bisik saya kepada diri sendiri. Sensasi yang sangat menyenangkan  bisa melihat berbagai jenis ikan yang belum pernah saya lihat sebelumnya, seperti sweetlips yang berwarna kuning, penyu, butterfly fish, bat fish, parrot fish, bumphead, dan berbagai bentuk terumbu karang. Tak bisa dipungkiri lagi, laut Raja Ampat memang menakjubkan. Jadi, kalian kapan mencoba petualangan menyelam di lautan Indonesia bro?

superadventure.id1_.jpeg

Note: Cerita petualangan ini adalah salah satu kontribusi pada website Superadventure.co.id.

