Pengalaman Trail Run Pertama Di Bromo Tengger Semeru Ultra Run 30KM – Jawa Timur

​4-6 November 2016

We are ready to challenge our mind ~

Run, run, run, that’s on my mind.


Siap menghadapi lelah fisik, tak sabar menikmati pemandangan indah. Awal November kemarin saya mendapat kesempatan untuk berlari di kegiatan Bromo Tengger Semeru Ultra Run 30K. Kesempatan kali ini karena saya ikut menemani Didi dan Hilda berlatih pada kegiatan Trail Run ini sebagai ajang latihan persiapan pendakian ke Gunung Vinson di Antartika pada Desember-Januari 2016 mendatang.

Running routes ~

Informasi disediakan panitia ~

Informasi disediakan panitia

Imajinasi melayang ke masa lalu ketika mengikuti Djarum Super Advanturace 2 di Uni Emirate Arab, Yaman dan Oman tahun 2010. Lima tim dari Indonesia yang terdiri dari 3 orang setiap tim di adu untuk menjadi tim yang terbaik menyelesaikan setiap tantangan. Asah otak baca peta, skill petualangan di alam bebas dan ketahanan fisik beraktivitas dalam waktu yang lama salah satunya berlari, sebuah kompleksitas petualangan. Waktu itu tim saya beranggotakan Sofyan, Broery dan dan saya sendiri dan kami menyebut tim kami waktu itu adalah Macan Gunung. Aum…

Sudah sangat lama sekali tidak berlari jauh. Dan kesempatan mengikuti BTS Ultra Run 30K pada awal November 2016 lalu menjadi pengalaman baru. Saya berlari bersama teman-teman Mahitala dan Unpar yang lain, seperti George, Jerry, Mario, Pipin, Saya, Didi, Hilda, Ambon, Radit dan Arga.

Waktu sudah menunjukkan pukul 6 pagi. Ratusan pelari berdiri di depan garis start. Hitungan mundur dimulai, 10, 9, 8 dan jantung mulai berdetak cepat, 7, 6, 5, 4, 3, 2 gooo! Serentak 200 pelari mulai melangkahkan kaki dan berlari. Badan terasa seakan ada yang menarik, sebuah euforia! Ada semangat.

Dia yang hadir memberi semangat..

Finish what you start. That’s the second statement I put on my mind.

Kegiatan berlari lintas alam adalah hal yang baru buat saya. Biasanya kalo naik gunung ya berjalan sambil angkat carrier di punggung. Berjalan satu langkah demi satu langkah.  bervariatif seperti hutan, gundukan berpasir dan jalan raya. Yang menarik dari BTS Ultra Run ini adalah setiap orang akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Saya bisa melihat kawasan Gunung Bromo dari berbagai sisi.

Bayangkan saja apa rasanya disaat sedang lelah berlari tiba-tiba disuguhkan pemandangan seperti ini ~

One of my favorite spot, run over the sand dunes ~

At the finish line, it’s fun and make you stronger ~

Start dan finish ada di Desa Cemoro Lawang tepatnya di Lava View Hotel.  Akhirnya saya, Didi dan Hilda dapat menyelesaikan tantangan dan tiba di garis finish bersama-sama dalam waktu 6 jam. Selain kami, semua peserta dari Mahitala dan Unpar juga sampai di garis finish. Mari kita coba di kesempatan lain. Chao!


